Berkat Kemurahan Hati

Orang yang murah hati bukan orang murahan, tetapi sebaliknya. Mereka adalah orang orang yang nilainya mahal. Merekalah yang sedang dicari cari oleh malaikat sorga untuk menjadi perpanjangan tangan Allah. Sampai hari ini sorga masih membuka lowongan untuk relawan yang mau dipakai menjadi agen kebaikan. Syaratnya mudah, tidak perlu ijazah, atau KTP, tidak perlu gelar atau surat baptisan. Yang penting memiliki hati yang penuh dengan belas kasihan.

Kata murah hati adalah eleemon dalam bahasa Yunani (merciful), atau hati yang penuh belas kasihan ilahi. Kata ini lebih sering menunjuk pada karakter ilahi bukan manusia. Itulah sebabnya kalau ada anak manusia yang bisa hidup dengan belas kasihan terhadap sesamanya, ia sedang menjadi wakil Allah di dunia. Makanya jangan kaget jika Allah akan melimpahi orang yang murah hati dengan kemurahan hati. Proverbs “Siapa menaruh belas kasihan kepada orang yang lemah, memiutangi TUHAN, yang akan membalas perbuatannya itu.”

Jika ada tetangga yang kelaparan dan berdoa kepada Allah memohon pertolongan, Tuhan tidak akan mengirim malaikat dengan membawa nasi bungkus dari sorga. Maaf di sorga tidak ada dapur umum. Jika ada anak terlantar yang telanjang dan berseru meminta, Tuhan tidak akan mengirimkan paket berisi pakaian jatuh dari langit, maaf sorga tidak ada tukang jahit. Biasanya Tuhan akan mencari hamba-Nya yang memiliki rasa welas asih untuk menolong sesamanya yang sedang membutuhkan pertolongan. 

Apapun yang kita lakukan atas nama belas kasihan merupakan tindakan yang akan diperhitungkan sebagai pelayanan kepada Allah. Karena saat kita mengeksekusi belas kasihan kita sedang melakukan bagiannya Allah. Makanya jangan heran jika Yesus pernah mengatakan “Aku berkata kepadamu, sesungguhnya segala sesuatu yang tidak kamu lakukan untuk salah seorang dari yang paling hina ini, kamu tidak melakukannya juga untuk Aku.” The best way tio serve God is to serve others. Cara terbaik melayani Allah kita adalah dengan melayani sesama.

Kapan terakhir kali Anda melakukan tindakan belas kasihan? Memberi makan yang lapar, memberi pakaian pada anak anak jalanan yang compang camping. Mengucapkan kata dorongan buat mereka yang sedang putus asa. Menyantuni anak yatim dan membantu mereka yang lemah. Kapan terakhir kali Anda menangis dengan mereka yang sedang menangis karena ditindas dan dilecehkan? Tolong sering seringlah melakukan check up hati Anda. Jangan jangan Anda sedang menderita sakit hati. Kata bapak Delai Lama, orang yang tidak punya rasa belas kasihan, ia sedang menderita penyakit hati yang paling parah. Waspadalah.

Paulus Wiratno
Paulus Wiratno

Making Life Better

Bagikan konten:
Share on facebook
Share on whatsapp
Share on telegram
Share on twitter
Share on linkedin

Konsultasi Yuk

Konten populer