Apa yang telah membuat orang menjadi seorang pemimpin yang handal? Ternyata faktor penentu utamanya bukan terletak pada ‘skill’ namun ‘karakter’. Anda bisa saja menghabiskan waktu 9 tahun untuk memperlajari kepemimpinan hingga dapat gelar doktor, namun jika karakter Anda ‘minus’, Anda akan tetap jadi pengikut sepanjang hidup.

Menurut buku ‘The Heart of Leadership’ karya Mark Miller, skill atau keahlian seorang itu hanya menyumbangkan 5 persen, sedangkan karakter 90 persen. Hasil penelitian ini sangat paralel dengan hati Tuhan saat mencari pemimpin. Mengapa Ia begitu berkenan memilih Daud sebagai raja? Karena Daud adalah ‘ A man of character and skillfull hand’. Hatinya berkenan kepada Tuhan, dan memiliki kemampuan yang dapat mendukung kepemimpinannya.

Ibarat bangunan, karakter seseorang merupakan dasar atau pondasi, sedangkan tiang tiangnya adalah keahlian yang dimilikinya, seperti kemampuan berkomunikasi, networking, manajemen, dll. Tiang, tembok dan atap boleh kelihatan menarik dan kokoh namun jika pondasinya rapuh, maka semuanya akan roboh saat diterjang badai atau gempa bumi.

Dalam keseharian kita sering disuguhi fakta yang meneguhkan kebenaran di atas. Belakangan ini kita dikejutkan dengan figur pemimpin yang pernah menjadi bintang, namanya tersohor dan reputasinya melejit. Namun sayang tiba tiba mereka tenggelam bak ditelan bumi karena tersandung masalah korupsi, atau prilaku amoral. Itu semua berhubungan dengan masalah karakter.

Pertanyaannya adalah karakter seperti apa yang bisa membuat orang menjadi seorang pemimpin yang mumpuni? Ternyata jujur atau integritas saja tidak cukup. Demikian juga keuletan, kerajinan, tidak memadahi untuk menjadi seroang pemimpin. Berdasarkan hasil penelitian Mark Miller, ada lima hal yang membuat seorang menjadi pemimpin yang hebat. Dan keliha hal tersebut adalah; 1. Rasa lapar akan hikmat. 2. Selalu mengaharapkan yang terbaik. 3. Besedia menerima tanggung jawab. 4. Siap memberi tanggapan dengan berani 5. Selalu berpikir untuk orang lain. Apakah Anda memiliki kelima hal tersebut diatas kejujuran, kerja keras dan keuletan Anda selama ini?

Tinggalkan Balasan