Anda ingin hidup diberkati, bahagia dan memiliki ketabahan hati yang luar biasa? Hiduplah mengandalkan Tuhan. Dengan jelas, Firman Tuhan mengatakan “Diberkatilah orang yang mengandalkan Tuhan…” Anda bisa menyanyikan lagu “Satu satunya yang kuandalkan, satu satunya yang kupercaya…” Namun kenyataan bisa bicara lain. Apa yang kita ucapkan belum tentu bisa kita lakukan dengan konsisten. Berikut ini adalah tanda bahwa Anda benar benar sedang mengandalkan Tuhan.

HIDUP DALAM HIKMAT TUHAN

Tanda bahwa Anda sedang mengandalkan Tuhan adalah selalu menggunakan kebenaran Firman untuk menterjemahkan dan menanggapi kenyataan. Saat anda dimaki, direndahkan, disalah mengerti atau dipojokan, apa yang Anda katakan dan lakukan? Mampukah Anda melakukan perintah Tuhan yang mengatakan “Kasihilah musuhmu, doakanlah mereka yang bikin susah hidupmu.” Jika  YA, maka Anda sedang hidup mengandalkan Tuhan.

MENGANDALKAN KEKUATAN TUHAN

Saat Daud terjepit, nyawanya terancam, anaknya berkhianat, ia harus meninggalkan istana menuju ke tempat pengungsian. Dalam keadaan yang serba bahaya ia berkata “Tetapi Engkau Tuhan, perisai yang melingungi aku, Engkaulah kemuliaanku dan yang mengangkat kepalaku”.  Merasa diri tidak berdaya atau lemah bisa menolong kita untuk benar benar mengandalkan kekuatan Allah.  Belajar diam di kaki Tuhan dan mebiarkan Allah bekerja dan berperang ganti Anda.

MENGANDALKAN WAKTU TUHAN

Firman Tuhan mengatakan bahwa ‘Segala suatu ada waktunya’ dan waktu Tuhan adalah waktu yang terbaik dalam kehidupan. Mengapa? Karena Tuhan berada di atas waktu dan ruang, dia tahu persis apa yang terbaik bagi hidup Anda. Saat doa belum terjawab, tidak berarti Allah diam, Allah sedang mengatur waktu yang tepat buat Anda. Ingat baik baik, Allah tidak pernah salah alamat atau salah waktu dalam menjawab doa dan penantian kita. Sabarlah dan tetap bertekun dalam penantian.

 

Tinggalkan Balasan