Nasib seorang janda dengan dua anak itu ada diujung tanduk. Jika tidak bisa melunasi hutangnya, sebentar lagi kedua anaknya akan diambil dan dijadikan budak di rumah ‘tukang rente’ yang selama ini menjadi ‘bank andalan’ bagi suaminya. Entah disadari atau tidak, beberapa hari setelah suaminya meninggal dunia, sang janda harus menghadapi ‘debt collector’. Sio mamae….

Ibu mana yang tega merelakan kedua anaknya menjadi budak? Kemiskinan finansial telah melilit kehidupannya. Satu satunya yang dia miliki hanyalah minyak, itupun tinggal sedikit. Namun akhir didup ibu ini sungguh menggembirakan. Tuhan melakukan keajaiban. Hutang lunas dibayar dan bisa melanjutkan kehidupan dengan kedua anaknya tanpa beban hutang. Ada beberapa pendekatan hidup sang janda nabi yang bisa kita teladani, khususnya dalam menghadapi krisis finansial.

DATANG KE ORANG YANG TEPAT

Ia tidak mendatangi pinjol alias pinjaman online, atau gali lubang tutup lubang. Ia mendatangi dan mengadukan nasib hidupnya pada seorang hamba Tuhan. Maka ia mendapatkan ‘jalan keluar’ yang sesuai dengan kehendak Tuhan. Untuk semua pembaca, jika sedang banyak masalah, bawalah masalah anda kepada Tuhan. Cari seorang hamba Tuhan dan sampaikan semua beban hidup Anda.

MENTAATI PERINTAH TUHAN

Perintah nabi Elisa sangat sederhana. Cari pinjaman buli buli dari tetangga, buian pinjaman minyak. Masuk kamar dan tutup pintu. Sambil berdoa, tuangkan minyak yang tinggal sedikit itu ke setiap buli buli pinjaman. Keajaiban terjadi. Semua buli buli terisi minyak dan mujizat yang luar biasa terjadi. Wajah mereka bertiga muai bersinar. Mujizat berhenti saat tidak ada lagi buli buli. Keajaiban sering menuntut ketaatan tanpa pertanyaan. Itulah yang dilakukan sang janda dengan kedua anak-nya.

Saya melihat mereka saling menatap sambil memegang buli buli terakhir. Hati terasa lega dan kedua anaknya melompat dengan penuh sukacita saat nabi memerihtahkan supaya semua minyak segera dijual untuk bayar hutang dan sisanya untuk beaya kehidupan. Meski takjub, bingung dan sukacita bercampur jadi satu, dibenak mereka pasti menyimpan hikmah ‘yang penting taat dan jalani saja hidup ini dengan iman’.

JANGAN TAKUT MENGHADAPI MASALAH

Ternyata Tuhan punya sejuta cara untuk menolong kita menyelesaikan masalah. Tepat seperti janji-Nya. “Allahku akan memenuhi segala keperluanmu menurut kekayaan dan kemuliaan-Nya dalam Kristus Yesus.”

Dataglah kepada-Nya sekarang. Sampaikan semua keluh kesah dan persoalan. Dan dengarkan suara-Nya. Ikuti perintahnya. Melangkah dengan keyakinan dan ketaatan. Lihatlah pertolongannya

Tinggalkan Balasan