Rendah hati haruslah menjadi sikap hidup setiap manusia. Orang yang rendah hati akan dipelihara oleh Tuhan. “Orang yang rendah hati akan makan dan kenyang, orang yang mencari TUHAN akan memuji- muji Dia; biarlah hatimu hidup untuk selamanya!

‘Zerro Attitude’ berarti membuat diri kita sadar bahwa sebenarnya tidak ada yang bisa kita sombongkan dalam diri ini. Mari kita akui secara jujur bahwa semua yang pernah kita raih, miliki, atau impikan adalah atas perkenanan Tuhan semata.

Nyawa ini adalah pinjaman dan harta adalah titipan. Kita hanyalah seorang pengelola yang dipercaya oleh surga. Kitab Suci juga mengajarkan bahwa orang yang rendah hati akan bersukacita. Alasannya sederhana, Tuhan akan memberi warisan kepadanya

“Tetapi orang- orang yang rendah hati akan mewarisi negeri dan bergembira karena kesejahteraan yang berlimpah-limpah." 

Kerendahan hati membebaskan manusia dari kesombongan. Kita tahu bahwa kesombongan merupakan awal kejatuhan. Saat hati mulai sombong kita sedang mengusir Allah dari kehidupan. Itulah sebabnya Allah memberkati orang yang rendah hati.


Orang yang rendah hati tidak akan pernah menukar Tuhan dengan berkat. Ia tahu garis batas antara rejeki dan Tuhan yang memberi rejeki. Manakala manusia mulai menjadikan harta menjadi tuan dalam hidupnya, sebentar lagi ia akan mencuri kemuliaan Tuhan lewat apa yang mereka miliki. Saat itulah Tuhan tidak lagi mempercayai hati kita.

Ingatlah bahwa hati manusia itu licik adanya, begitu sering kita ditipunya. Tidak ada salahnya mendisiplin diri seperti nabi Daud, “selidikilah akan daku ya Allah, dan ketahuilah hatiku…”


Kyle William adalah manusia yang sangat rendah hati yang pernah kukenal. Seorang milioner yang cinta Tuhan dan pelayanan. Kami sekeluarga begitu terkejut sekaligus malu saat ia menyambut kedatangan kami di Oklahoma Airport. Tanpa ragu, ia mengambil semua koper bawaan kami dan menaruhnya di atas mobil. Ia menjemput kami dan membawanya ke rumahnya, ia mengemudikan mobilnya sendiri padahal punya ribuan karyawan.

Siang itu ia berlaku seperti porter, sopir dan kuli hotel. Kami terharu dan bertanya, “mengapa Anda melakukan semuanya ini, kami tahu anda orang sibuk dan terhormat.

Jawabnya “Pak Paulus, kami senang melayani Anda. Bagi kami Tuhan memberikan kekayaan bukan untuk menaikan standar kehidupan, tetapi untuk menaikan standar pemberian." 

Wow! Sebuah pelajaran rohani yang luar biasa. Seperti khotbah singkat, padat dan penuh dengan berkat. Sejak saat itu aku lebih mengerti apa artinya kerendahan hati. Dan aku lebih memahami, mengapa Kylie Williams dilimpahi rejeki

Satu pemikiran pada “MEMAHAMI ARTI KERENDAHAN HATI

Tinggalkan Balasan