1. Hargai Orang Setiap Hari.

Anda baru akan menambahkan nilai kepada orang-orang jika Anda melihat nilai pada mereka. Anda tidak bisa berkeyakinan bahwa orang tidak penting dan memberi nilai tambah kepada mereka di waktu yang sama. John mempelajari pelajaran ini dari ayahnya, yang berkata, “Banyak orang merasa kurang dihargai, tidak percaya diri, dan tersesat. Jika Anda menunjukkan kepada mereka bahwa Anda menghargai mereka dan Anda mencintai mereka tanpa syarat, Anda akan membuat perbedaan.”

Bagaimana perasaan Anda jika orang lain menghargai Anda? Bagaimana jika orang menurunkan harga diri Anda? Bagaimana Anda diperlakukan memengaruhi perasaan tentang diri Anda sendiri dan bagaimana Anda memperlakukan orang lain. Ingat akan hal ini saat Anda berinteraksi dengan orang lain. Apabila Anda menghargai diri sendiri dan menghargai orang lain, Anda menciptakan siklus interaksi positif yang membuat hidup lebih baik bagi semua orang.

2. Pikirkan ke Depan Mengenai Cara Menghargai Orang Setiap Hari.

Orang-orang yang membuat perbedaan memikirkan cara-cara untuk menambah nilai kepada orang-orang lebih dahulu. Mereka proaktif tentang hal itu. Sekilas memperhatikan kalender Anda di pagi hari dapat memberikan gagasan untuk menambah nilai. Ke mana Anda akan pergi? Siapa yang akan Anda temui? Dengan cara apa Anda membantu orang? Peluang tidak terbatas — jika Anda terencana dalam pemikiran Anda.

Baru-baru ini John C. Maxwell menantang para cucunya untuk memikirkan cara-cara menambah nilai kepada orang lain setiap hari. Cucu laki-lakinya yang berusia dua belas tahun, John, menerima nasihat itu. Dia sedang belajar golf, dan di setiap pelajaran, instrukturnya menyediakan segelas air untuknya. Suatu hari yang panas, John muda memutuskan bahwa dia akan memberikan segelas air untuk instrukturnya sebagai gantinya. John muda bahkan mengambil fotonya dan mengirimkannya kepada kakeknya untuk menunjukkan kepadanya bahwa dia sedang belajar pelajaran tersebut.

Anda dapat melakukan hal serupa. Seperti yang Anda ketahui, itu tidak memerlukan sesuatu yang besar atau mahal. Hanya diperlukan perhatian. Mulailah hari Anda dengan memikirkan cara-cara khusus untuk menambah nilai kepada orang-orang.

3. Carilah Cara untuk Menambah Nilai Bagi Orang Setiap Hari.

Dalam bukunya, Winning with People, John C. Maxwell menulis tentang Prinsip Lensa, yaitu, “Siapa kita menentukan cara kita melihat orang lain.” Sebagai contoh, jika kita egois, kita mencari orang lain untuk memberi nilai tambah kepada kita. Jika kita menginginkan kebermaknaan, kita mencari cara untuk menambah nilai kepada orang lain. Dalam hidup, Anda juga bisa menambah atau mengurangi nilai orang lain.

Mereka yang mengurangi nilai berfokus pada mengambil untuk diri mereka sendiri. Mereka yang menambahkan nilai berfokus pada memberi kepada orang lain. Saat Anda menjalani hari Anda, pola pikir mana yang Anda miliki? Jika Anda memiliki pola pikir untuk memberi, Anda akan peduli tentang kebutuhan orang lain dan mencari cara untuk memenuhinya. Anda akan melihat hari Anda suatu rangkaian peluang untuk membantu orang.

4. Lakukan Hal-Hal yang Menambah Nilai untuk Orang Setiap Hari.

Apakah mungkin untuk menghargai orang, berpikir tentang menambahkan nilai kepada mereka, dan mencari cara untuk menambah nilai bagi mereka, namun tetap tidak menjadi orang yang bermakna? Sayangnya, jawabannya ya. Kunci meraih kebermaknaan adalah mengambil tindakan. Anda baru dapat membuat perbedaan jika Anda benar-benar menindaklanjuti dan melakukan hal yang menambah nilai bagi orang lain. Jika tidak, Anda hanya memiliki niat baik, dan niat baik tidak membuahkan hasil. Hanya kehidupan terencana yang bisa.

John C. Maxwell menganggap dirinya bertanggung jawab setiap hari dengan mengajukan dua pertanyaan kepada dirinya sendiri. Di setiap pagi hari, dia bertanya pada dirinya sendiri, “Siapa yang akan saya tambahkan nilainya hari ini?” Di akhir setiap harinya dia bertanya, “Siapa yang sudah saya tambahkan nilainya hari ini?” Jika dia tidak dapat mengidentifikasi tindakan khusus yang dilakukan untuk seseorang secara spesifik, dia tahu bahwa dia belum cukup terencana hari itu.

5. Semangati Orang Lain untuk Menambah Nilai Bagi Orang Setiap Hari.

Kebermaknaan dimulai dari Anda, tetapi itu tujukan untuk dibagikan. Sementara Anda mengembangkan kebiasaan sehari- hari menambah nilai bagi orang lain, mulailah menyemangati orang lain terdekat Anda untuk melakukan hal yang sama. Anda akan kagum dengan dampak yang dapat Anda buat ketika Anda bermitra dengan orang lain untuk membuat perbedaan.

Esensi kebermaknaan tidak sulit. Tetapi mereka memang membutuhkan perencanaan. Rangkullah itu, dan Anda akan merasa puas, buatlah dunia Anda tempat yang lebih baik, dan mulailah kisah bermakna Anda setiap hari.

Tinggalkan Balasan