Menurut hasil penelitian di Amerika, pernikahan telah memberikan banyak keuntungan pribadi atau personal benefit. Orang yang menikah cenderung lebih sehat, hidup lebih lama, harta lebih banyak, punya banyak akses secara ekonomi, dan memiliki kehidupan seksual yang lebih terpuaskan dibandingkan dengan mereka yang hidup sendiri atau ‘kumpul kebo’ (The Couple Checkup)


Untuk lebih rincinya, mari kita ikuti pembahasan tentang hasil survey menurut buku “Couple Checkout” karya David. H Olson Ph.D dan Amy Olson Ph.D.


GAYA HIDUP LEBIH SEHAT

Mereka yang menikah cenderung menghindari gaya hidup yang merusak dibandingkan dengan single, janda atau yang bercerai. Sebagai contoh, pria yang menikah tidak terlalu banyak masalah dengan minuman beralkohol. Kita semua tahu bahwa kebiasaan mabok itu dekat dengan kecelakaan, konflik pribadi, dan depresi. Itulah sebabnya mereka yang menikah gaya hiduonya kebih sehat dan terhindar dari kebiasaan yang merusak.


HIDUP LEBIH LAMA

Survey membuktikan, mereka yang menikah masa hidupnya kebih lama dibandingkan dengan yang single atau janda termasuk duda. Apa alasannya? Mereka memiliki support system secara emosi dari pasangannya. Terpenuhinya kebutuhan emosi itulah yang membuatnya memiliki kesehatan yang lebih baik. Lebih sehat berarti umur lebih lebih panjang.


KEHIDUPAN SEKSUAL LEBIH SEHAT

Pria yang menikah 54 persen mengaku lebih puas dalam masalah seksual. Pria yang kumpul kebo 44 persen mengaku puas secara seksual. Lalu bagaimana dengan pria yang bercerai? Tanyakanlah sendiri pada bang Toyib. Kepuasan itu berkaitan dengan frekwensi hubungan intim. Yang menikah pasti lebih sering dibandingkan dengan yang kumpul kebo apalagi dengan yang masih single. Ehem….


HIDUP LEBIH BAHAGIA

Pasangan yang menikah hidup lebih bahagia dengan pribadi yang tidak menikah atau pernah menikah. Menurut laporan, mereka yang menikah cenderung lebih kecil mengalami depresi dibandingkan dengan yang single atau yang bercerai. Hasil survey membuktikan, wanita yang menikah jarang mengalami depresi dibandingkan dengan wanita yang bercerai atau wanita selungkuhan. Alasanya, wanita menikah jarang punya konflik, dan lebih banyak mendapatkan kasih sayang serta intimasi.


HIDUP LEBIH KAYA

Sudah jelaslah, mereka yang menikah pendapatannya pasti lebih banyak. Pendapatan gabungan pasangan yang sudah menikah di Amerika rata rata 132.000 dolar per tahun, sedangkan single hanya 35.000, untuk janda/duda 42.000 dan yang bercerai 33.670 dolar per tahun.


ANAK ANAK LEBIH BAHAGIA

Anak- anak yang dibesarkan dalam keluarga yang pernikahannya sehat cenderung memiliki tingkat emosi yang lebih sehat dan pencapaian nilai akademis lebih tinggi dibandingkan dengan anak anak yang tumbuh dalam keluarga yang bercerai. Dan ini yang perlu diwaspadai, para remaja yang orang tuanya bercerai punya kecenderungan putus sekolah dan juga hamil diluar nikah lebih tinggi. Ini semua terkait dengan support system yang kurang. Makanya tidak heran jika mereka cenderung lebih miskin dan mengalami kualitas hidup yang kebih buruk.


Tentu saja Anda punya hak untuk percaya atau tidak percaya. Yang jelas penemuan di atas membuktikan betapa banar ayat ini

“Tidak baik, kalau manusia itu seorang diri saja. Aku akan menjadikan penolong baginya, yang sepadan dengan dia." 

Kata Tuhan Allah. Makanya yang belum menikah segera cari pasangan, dan yang sudah menikah teruslah menjaga keutuhan pernikahan. Jangan cerai apalagi selingkuh. Semua ada aturanya. Kalau nabrak aturan yang ditetapkan oleh Tuhan, Anda akan tahu resikonya.

(Sumber: Internet)

Satu pemikiran pada “MENIMBANG UNTUNG RUGI MENIKAH

Tinggalkan Balasan