Tidak semua orang senang dengan apa yang Anda lakukan. Apalagi jika pelayanan Anda mengancam rasa aman atau identitas rival Anda. Sepak terjang para rasul dalam memberitakan Kabar Baik telah mengusik kedamaian hati tua tua Yahudi pada jaman gereja mula mula. Akibatnya terbit fatwa untuk, mencegah, mengintimidasi dan menghabisi nyawa pengikut Kristus. Segala macam cara telah diupayakan. Mulai dari intimidasi, penangkapan, pembakaran hingga pembunuhan dengan hukum rajam. Namun sejarah membuktikan bahwa perkembangan jumlah pengikut Kristus tidak dapat dihentikan, unstoppable.

Benarlah apa yang dikayakan ulah ulama Yahudi hang bernama Gamaliel “Karena itu aku berkata kepadamu: Janganlah bertindak terhadap orang-orang ini. Biarkanlah mereka, sebab jika maksud dan perbuatan mereka berasal dari manusia, tentu akan lenyap, tetapi kalau berasal dari Allah, kamu tidak akan dapat melenyapkan orang-orang ini; mungkin ternyata juga nanti, bahwa kamu melawan Allah.” Nasihat itu diterima.

Jangan pernah berhenti melakulan apa yang diperintahkan oleh Tuhan. Jangan pernah merasa terintimidasi dalam menjalankan visi yang ada di hati. Kalau anda yakin bahwa apa yang anda lakukan itu adalah panggilan ilahi, teruslah melangkah dan menyelesaikannya hingga visi itu menjadi kenyataan. Seringkali tantangan, kesulitan, permusuhan, fitnah dan rintangan diijinkan oleh Allah untuk menguji kekuatan visi san kesetiaan Anda menjalani panggilan ilahi. Visi anda akan diuji oleh kesulitan, tantangan, pengkhianatan bahkan pemecatan.

Seorang sahabat pernah menelpon dari Sydney “saya menerima surat yang isinya supaya saya tidak mendukung pelayananmu, tetapi saya membuang surat itu dan tidak menanggapinya.’ Hatikupun bertanya ‘apakah salah dan dosaku, sehingga ada yang tega melakukan hal itu. Untung saja para sahabat itu lebih mendengar nuraninya karena kepercayaan dalam persahabatan. Mendengar itu hatiku bersyukur. Namun aku juga tersadar, ternyata ada orang yang tidak menyukai apa yang aku yakini sebagai visi ilahi. Manusia bisa mereka rekakan yang jahat, namun Tuhan bisa mengubahnya untuk kebaikan. Yang penting jaga hati dan jaga visi. Jangan marah dengan mereka yang mencoba menghalangi dan menghentikan langkah anda. Tetap optimis, mengampuni dan menbiarkan pembalasan menjadi haknya Allah.

Gamaliel dengan jelas berkata ‘kalau mereka dari Tuhan, tidak ada satu tangan manusia yang bisa menghentikannya. Kalau visi pelayananmu itu dari Tuhan, manusia, penguasa bahkan ilah jaman ini juga tidak bisa menghalangi. Sorga akan mengerahkan malaikat, kuasa, otoritas dengan segala daya untuk membuat rencana-Nya terlaksana. Sejarah membuktikan, perkembangan gereja tidak bisa dihalangi oleh fatwa penguasa, kekuatan agama atau aniaya.

Gereja mula mula berkembang dengan pesat ditengah aniaya dan tekanan penguasa dan kaum agamawi. Dengan jelas kitab Kisah Rasul menuliskan betapa dasyat peran malaikat salam menyelamatkan para rasul dari penjara. Mujizat dari sorga adalah kejadian yang biasa. Keberanian para rasul menghadapi ancaman sungguh mengherankan. Belum lagi praktek kasih yang begitu nyata dalam kesatuan dan kesehatian umat Allah. Semuanya menjadi kekuatan yang membuat pertumbuhan gereja mula mula unstoppable

Lalu apa arti semuanya itu bagi kita hari ini? Lakukan apa yang Tuhan perintahkan dalam hidup Anda. Jalani panggilan dan visi yang Tuhan berikan. Sorga tidak akan lepas tangan dan membiarkan Anda berjalan sendirian. Sebaliknya sorga akan mengerahkan bala tentaranya, kuasa, daya dan dana untuk membuat rencana-Nya terlaksana melalui hidup kita. Kita hanyalah hamba atau alat semata semata. Semua pencapaian hanyalah karena anugerah-Nya. Make your ministry unstoppable

Satu pemikiran pada “TIDAK BISA DIHENTIKAN

Tinggalkan Balasan