Dengan begitu lengkap Kitab Suci mengajarkan bagaimana kita bisa menang atas kejahatan yang kita alami. Ternyata resep jitu ini bisa membebaskan anda dari kepahitan, amarah dan keinginan untuk membalas dendam dan hanyut dalam balas membalas yang justru akan memperbesar rasa permusuhan.

MEMBALAS KEJAHATAN DENGAN KEBAIKAN

Pertama tama kita harus bisa membedakan antara orang yang berbuat jahat dan kejahatan. Terhadap prilaku jahat, kita harus membalasnya dengan kebaikan. Dengan berbuat demikian kita sedang menerapkan ‘pikiran dan perasaan Kristus’ dan menggenapi perintah Allah “Kalau keledai musuhmu jatuh, anda harus menolongnya”. Keledainya tidak pernah berbuat jahat pada anda. Maka keledai musuh wajib ditolong. Itu perintah dari Tuhan.

MENYERAHKAN PEMBALASAN PADA TUHAN

Menganai orang yang telah berbuat jahat kepada Anda, serahkan orang itu kepada Tuhan. Karena pembalasan adalah haknya Tuhan. Bagian kita hanyalah melepaskan pengampunan. Karena jika orang berbuat jahat pada kita, dia juga sedang berbuat jahat kepada Pencipta-Nya. Allah punya cara sendiri untuk mengajar orang jahat.

BERUSAHA BERDAMAI DENGAN SEMUA ORANG

Ini perintah dari Tuhan ‘jadilah pembawa damai’ atau peace maker. Hal pertama yang bisa membuat anda menjadi ‘peace maker’adalah menjadi ‘peace people’. Bagaimana bisa menciptakan kedamaian jika anda tidak memiliki damai? Syarat utama untuk menjadi peace maker adalah membangun gudang pengampunan. Ada yang protes, bagaimana kalau kejahatannya itu melanggar hukum?

BIARKAN HUKUM DITEGAKKAN

Bagian kita melepaskan pengampunan, mendoakan orang yang jahat, membalas kejahatan dengan kejahatan. Tetapi karena kita hidup dinegara hukum, maka biarkan negara menegakan hukum dengan adil supaya warga negara menjadi taat hukum.

Tinggalkan Balasan